Sabtu, 09 September 2017

Penjelasan Scratch

Scratch merupakan salah satu program untuk membantu dalam mengenalkan bahasa pemrograman sejak usia dini. Pengenalan logika pemrograman sejak usia dini membuat anak-anak menjadi lebih tertarik dan semangat untuk belajar bidang ilmu lain seperti sains dan matematika. Sehingga anak-anak dapat menggunakan logika dan daya nalarnya dengan baik. Bahasa pemrograman merupakan teknik untuk menulis program dan memberikan perintah pada komputer sesuai dengan yang kita inginkan. Bahasa pemrograman dapat memfasilitasi komunikasi antara manusia dan mesin. Bahasa pemrograman dapat juga diaplikasikan dalam bidang pendidikan. Bahasa pemrograman pendidikan dibuat sebagai instrumen pembelajaran, bukan sebagai alat bantu pembuatan aplikasi yang sesungguhnya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, perlu adanya pengenalan bahasa pemrograman sejak usia dini.

Apa itu Scratch ?

Scratch adalah bahasa pemrograman yang didesain untuk memperkenalkan konsep pemrograman komputer secara sederhana sehingga dapat dipahami oleh siapapun dari berbagai latar belakang. Scratch menampilkan antar muka yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Konsep pemrograman scratch divisualisasikan dalam bentuk blok-blok program seperti memasang sebuah puzzle. Scratch dapat digunakan untuk membuat aplikasi, animasi atau games. Selain itu, scratch juga memudahkan anak memahami konsep logika matematika dan komputer. Dengan scratch konsep pemrograman dapat dipahami dengan mudah dan sangat baik untuk menyalurkan kreatifitas anak dalam belajar sekaligus bermain (edutainment).

Scratch merupakan aplikasi open source yaitu program komputer yang dapat dipakai secara gratis tanpa harus membayar lisensinya. Kelebihan open source ini memberi kebebasan dalam penggunaan dan pengembangan program tersebut. Program ini dikembangkan oleh Grup TK di MIT Media Lab, dengan dukungan keuangan dari National Science Foundation, Microsoft, Intel Foundation, Yayasan MacArthur, Google, Iomega dan MIT Media Lab konsorsium penelitian. Program ini dapat didownload pada http://scratch.mit.edu/.

Alasan Memilih Scratch

Ada beberapa alasan mengapa kita memilih Scratch sebagai media pengenalan logika pemrograman pada usia dini, yaitu karena Scratch memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:
1.Scratch memiliki ukuran yang kecil dibandingkan bahasa pemrograman yang lain.
2.Antar muka (interface) yang sangat sederhana dan mudah digunakan untuk anak-anak.
3.Anak-anak lebih mudah belajar logika pemrograman tanpa harus dirumitkan dengan penulisan sintaks dalam bahasa pemrograman pada umumnya.
4.Scratch membantu anak-anak dalam membuat cerita interaktif, animasi dan game.
5.Scratch memungkinkan setiap orang dengan mudah menggabungkan gambar, suara maupun video tanpa harus memiliki kemampuan khusus di bidang pemrograman.
6.Animasi dapat dibentuk, dijalankan dan dikontrol.
7.Scratch mampu dijalankan pada sistem operasi Windows, Linux maupun Macintosh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar